SOCIAL MEDIA

Bikin Wajah Glowing, Ini 3 Langkah Skincare untuk Remaja Anti Ribet

Saturday, October 5, 2019


SheBlinks yakin kamu udah mulai memperhatikan kesehatan kulit wajah dengan rajin pakai produk skincare. Yup, bener banget! Walau usia kita masih belasan, di saat kulit kita masih oke-oke aja, justru makin baik kalau kita udah bisa merawat kulit. Biar nggak jerawatan!

Tapi jangan sampai salah pakai skincare ya, Gals. Soalnya, cukup banyak remaja yang belum terlalu paham gimana caranya pakai skincare yang benar. Bermodal lihat rekomendasi di YouTube dan Instagram, jadi ikutan pakai tanpa tahu apakah produk itu bagus buat kulit kita. Makanya, penting banget membekali diri sama wawasan seputar skincare.

Karena kulit kita masih muda dan kekuatan regenerasinya masih bagus banget, SheBlinks saranin pakai skincare yang basic aja. Nggak perlu macem-macem sampai pakai berlapis-lapis kok. Alasannya, supaya kulit nggak iritasi dan lapisan pelindung di kulit (skin barrier) kita nggak rusak akibat pemakaian berbagai macam produk yang ternyata keras di kulit kita.

Rule number 1: hydration and moisture. Ini nih kunci utama skincare untuk remaja, menjaga kelembapan kulit. Percayalah, ketika kulit kita terjaga kelembapannya, semua masalah kulit kayak komedo, beruntusan, jerawat, kasar, dan kusam nggak bakal menghampiri. Se-simple itu kok, Gals. Asik, kan?

Yuk, break down langkah rutinitas skincare untuk remaja yang tepat.

Langkah 1: Double Cleansing


Walau tiap hari kamu nggak pakai makeup, rutinitas membersihkan wajah nggak boleh kamu lewatin. Kenapa? Soalnya saat beraktivitas, apalagi kalau tiap hari naik ojek online, debu dan polusi nempel di kulit. Nah, kotoran yang menumpuk di wajah bisa bikin komedo, jerawat, dan bruntusan. Hiii, nggak mau itu terjadi kan?

So, lebih baik lakukan langkah double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan dua jenis cleanser yang berbeda. Langkah pertama, bersihin wajah pakai micellar water atau cleansing water buat ngangkat kotoran, debu, dan minyak berlebih di wajah. Setelah itu, ikutin dengan langkah cuci muka pakai facial wash buat membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih nempel. Nah, wajah pun bersih sempurna deh!

Eits, double cleansing dilakuin saat udah pulang ke rumah ya. Pagi bangun tidur nggak perlu double cleansing, cukup cuci muka pakai facial wash saat mandi.

Rekomendasi produk:


Langkah 2: Moisturizer


Biar wajah tetap lembap, habis cuci muka wajib hukumnya pakai moisturizer atau pelembap. Pilih yang sesuai jenis kulit kamu ya, Gals. Kalau kulit kamu berminyak, pilih yang teksturnya ringan supaya mudah diserap kulit. Kalau kulit kamu kering, pilih yang teksturnya rich supaya kelembapan kulit tetap terpenuhi. Kalau bingung, pilih aja yang buat all skin type yang bahkan bisa dipakai buat kulit berjerawat dan sensitif sekalipun.

Tips: Pakai pelembap sebaiknya di pagi dan malam hari, ya. Jangan lupa, sebelum tidur pakai pelembap setelah cuci muka biar kulit tetap lembap dan bangun dengan wajah glowing.

Rekomendasi produk:


Langkah 3: Sunscreen (Pagi)

Nah, ini nih yang kadang suka lupa. Ingat Gals, sunscreen itu nggak boleh skip, apalagi kalau tiap hari kamu panas-panasan di luar. Sunscreen atau sunblock bakal lindungin kulit dari sinar matahari. Kamu tahu nggak, sinar UV dari matahari bisa bikin kulit kering dan berkeriput. Kalau rajin pakai sunblock dari dini, nanti pas udah dewasa kulit kamu bakal tetap bagus dan awet muda. Investasi banget, kan?

Tips: Pakai sunscreen di pagi hari aja. Malamnya, nggak perlu pakai. Jadi, buat skincare malam cukup double cleansing dan pelembap. Simple!

Rekomendasi produk:
Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF30


Rutinitas Skincare Mingguan

Biar kulit wajah makin mulus dan glowing, sebaiknya barengin rutinitas skincare harian kamu sama perawatan mingguan. Bisa kamu lakuin di Sabtu dan Minggu saat santai di rumah, kok. Biar makin seru, ajakin kakak dan mama kamu buat treatment bareng. Kalau perlu, sambil nonton drama Korea. Hihi. Apa aja perawatannya? Simak, yuk!

Langkah 1: Eksfoliasi


Kulit kita bakal terus bergenerasi, yang bikin lapisan kulit terluar jadi mati. Kalau dibiarin, sel kulit mati ini bakal numpuk dan bikin kulit kusam. Parahnya, bisa bikin komedo dan jerawatan. Tidaaak! So, lakuin eksfoliasi seminggu sekali.

Apa sih itu eksfoliasi? Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel kulit mati. Caranya, pakai scrub untuk meluruhkan kulit mati tersebut. Ada banyak pilihan face scrub di pasaran, tapi kamu bisa bikin sendiri di rumah pakai bahan-bahan yang ada di dapur lho. Hasilnya efektif, dan yang terpenting: 100% natural.

Cara membuat: campur gula dan madu, lalu aduk sampai rata. Bisa tambahin air lemon kalau kamu pengen efek mencerahkan. Olesin campuran bahan tadi ke seluruh wajah, lalu gosok secara lembut dengan tangan. Kalau udah, bilas deh dengan air hangat. Kulit kamu bakal jadi halus banget, coba deh!


Langkah 2: Masker


Setelah eksfoliasi, lanjutin pakai masker buat menutrisi kulit. Kamu bisa pakai sheet mask atau wash-off mask. Alternatif lain, pakai bahan yang ada di dapur aja. Gampang kok. Olesin madu (bisa dicampur sama lemon atau alpukat) ke seluruh wajah, diemin 10-15 menit, lalu bilas bersih. Kalau rutin dilakukan, percayalah kulit wajah kamu bakal terbebas dari jerawat dan glowing banget. Selamat datang flawless skin!

Rekomendasi produk:
Emina Masquerade
Mustika Ratu Masker Bengkoang


Gampang kan, Gals? Kalau kamu beruntusan dan jerawatan, coba deh stick to rutinitas skincare paling dasar di atas tadi buat nyembuhinnya. Nggak perlu pakai macem-macem produk, atau gonta-ganti skincare. Pakai aja facial wash, pelembap, dan sunscreen yang paling cocok di kulit kamu. Semoga sharing dari SheBlinks ini membantu ya! ^_^

Baca juga: Tips Skincare Buat Remaja Biar Nggak Jerawatan


Photo credit: Idewcare, GlowRecipe, Krave

No comments :

Post a Comment

Instagram