SOCIAL MEDIA

Kenalan Sama AHA, BHA, dan PHA, Kandungan Asam di Skincare yang Baik Buat Kulit

Wednesday, January 2, 2019


Sekarang ini banyak banget produk skincare dengan nama-nama yang cenderung ilmiah, yang sebenarnya merupakan nama kandungan dari produk itu. Salah satunya kandungan AHA BHA PHA di Some By Mi 30 Days Miracle Toner. Yang nggak begitu paham soal skincare, terutama remaja kayak kita yang baru kenalan sama skincare, pasti sempat bingung. Kandungan apa sih itu? Manfaatnya apa? Bagus nggak buat kulit?

Nah, biar tahu sebuah produk skincare baik atau nggak buat kulit remaja, pertama-tama kita harus pelajarin dulu komposisi bahannya, in this case AHA, BHA, and PHA. Ketiga bahan ini pada dasarnya adalah acid atau asam yang bermanfaat banget buat kecantikan kulit dan biasanya diekstrak dari tumbuh-tumbuhan, seperti tebu, willow bark, lemon, dan lain sebagainya.. Asam-asam ini berfungsi sebagai chemical exfoliant atau mengangkat sel kulit mati dengan cara kimiawi. In short, pakai asam ini, sel kulit mati kita mengikis dengan sendirinya. Jadi, beda sama psychical exfoliator (eksfoliator fisik) kayak scrub ya, Gals.

Meski sama-sama asam, AHA, BHA, dan PHA sebenarnya bekerja dengan cara berbeda. Lihat perbedaannya, yuk!


AHA

adalah kependekan dari Alpha Hydroxy Acid. Jenis asam yang masuk kategori AHA adalah glycolic acid, lactic acid, malic acid, dan mandelic acid. AHA bekerja di lapisan terluar kulit, fungsinya antara lain mengangkat sisa kotoran, eksfoliasi, memudarkan noda bekas jerawat, mengatasi jerawat, dan di waktu yang sama melembapkan. AHA bakal bekerja dengan efektif kalau punya konsentrasi 3-5% buat kulit sensitif dan 10% buat kulit normal.

BHA

Kalau ini kamu pasti udah kenal banget. BHA atau Beta Hydroxy Acid biasa ditemukan pada salicylic acid, bahan yang terkenal ampuh menyingkirkan jerawat. Bedanya sama AHA, BHA bekerja di dalam pori-pori kulit dengan cara membersihkan dan melepaskan "lem" yang bikin kulit mati nempel. Fungsi BHA adalah sebagai anti-inflamasi dan meredakan iritasi. That's why BHA jadi senjata andalan buat melawan komedo dan jerawat.

PHA

PHA atau Polyhydroxy Acid adalah eksfoliator yang lebih ringan dari AHA dan PHA. Asam yang masuk kategori ini adalah gluconolactone. Karena bersifat ringan, eksfoliator ini nggak bakal bikin kulit jadi merah dan sensitif.


AHA, BHA, dan PHA sebenarnya adalah bahan aktif yang nggak bisa sembarangan dipakai sama bahan aktif lainnya (seperti Vitamin C dan retinol) dan kalau dipakai di siang hari harus dilapisi sama sunscreen. Selain itu, kalau konsentrasi kandungannya cukup tinggi, bisa bikin iritasi, tapi masih tetap aman dipakai buat kulit orang dewasa dengan permasalahan wajah tertentu. Remaja masih bisa pakai kok, asalkan konsentrasinya rendah. Nah, produk dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA rendah biasa ditemui di produk skincare Korea. SheBlinks kasih beberapa contoh produknya yang bisa kamu coba ya!

Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner

Walau dari namanya produk ini terkesan seperti exfoliator toner, sebenarnya kandungan AHA, BHA, dan PHA-nya cukup rendah lho (di bawah 1%), Gals. Jadi nggak masalah kalau dipakai setiap hari karena nggak akan bikin kulit kering dan iritasi, thanks to komposisi bahan yang bekerja sebagai moisturizing agent.


COSRX One Step Original Clear Pad dan One Step Moisture Up Pad


Dua toner pad populer dari COSRX ini mengandung BHA di bawah 1% yang diekstrak dari willow bark tree. Toner pad ini sebenarnya aman banget dipakai setiap hari. Apalagi bentuknya yang berupa kapas gampang dan praktis banget dipakai.


COSRX AHA/BHA Clarifying Toner


Clarifying Toner ini terbuat dari air ekstrak willow bark dan apel, which is sumber natural dari AHA dan BHA yang terkandung di dalamnya. Toner ini bisa dijadiin exfoliator harian karena formulanya yang ringan. Pas banget buat kulit berminyak, karena bisa mengontrol produksi sebum tapi melembapkan.


Laneige Clear-C Peeling Serum


Buat yang pengen kulitnya cerah, serum dari Laneige ini punya kandungan malic acid (AHA) yang diekstrak dari tebu, maple, jeruk, lemon, dan billberry. Meski berfungsi sebagai peeling, serum ini bisa dipakai setiap hari karena diformulasikan untuk pemakaian harian.


Benton Aloe BHA Skin Toner



Toner ini juga aman dipakai setiap hari karena kandungan BHA-nya yang cukup ringan. Basically, toner ini lebih banyak berfungsi buat melembapkan. Tapi kandungan BHA membantu bersihkan minyak dan kotoran di dalam pori-pori.


Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Lemon

Produk ini mengandung kombinasi exfoliant seperti lactid acid, glycolic acid, juga ekstrak lemon, jeruk, dan pepaya. Beda dari produk-produk sebelumnya di atas, Gauze Peeling ini nggak bisa dipakai setiap hari, melainkan 1-3 kali dalam seminggu. Sehabis pakai pun wajah harus dibilas dengan air buat bersihin sisa produknya di wajah.


COSRX PHA Moisture Renewal Power Cream



Nah, ini nih cream yang ringan dan aman banget buat kulit sensitif. Kandungan PHA-nya bantu ngangkat sel kulit mati dan di waktu yang sama melembapkan kulit. Pemakaiannya bisa kamu barengin sama acid toner yang lain kok, selama produk tersebut mild atau punya kandungan acid ringan. Selain itu, cream ini bisa kamu jadiin moisturizer, sleeping mask, atau wash off mask. Keren kan?


Kamu ada rekomendasi produk skincare Korea lain dengan kandungan AHA, BHA, dan PHA yang aman buat remaja? Share di kolom komentar ya, Gals!



1 comment :

  1. kak kalo pake Benton Aloe BHA Skin Toner+serum some by mi 30days miracle boleh nggak?

    ReplyDelete

Instagram