SOCIAL MEDIA

Finn Buchanan, Model Transgender yang Taklukkin Runway Fashion Week

Monday, January 7, 2019


Kalau nggak cewek, ya cowok. Tapi sepertinya batasan cowok dan cewek nggak berlaku buat seorang Finn Buchanan. Dikenal sebagai transgender, model berusia 16 tahun ini mantap melangkah di runway. Bahkan wajahnya jadi salah satu yang paling disorot selama fashion week Spring Summer 2019, lho. 

Di usia yang masih muda banget, ditambah statusnya sebagai transgender, Finn udah mengantongi sederet resume dengan berjalan di runway besar, sebut aja John Galliano for Maison Margiela, Marc Jacobs, dan Miu Miu. Totalitasnya sebagai model juga terlihat saat rambut buzzcut-nya dibentuk dan dilukis dengan logo Coach buat show Matty Bovan, desainer yang berkolaborasi sama Coach.

Finn Buchanan for Marc Jacobs SS19
Coach logo buzzcut

Sebelum jadi model, Finn hanyalah seorang siswa biasa yang hobi main netball dan pernah latihan sirkus selama 5 tahun (wah, Finn akrobatik nih!). Ia ditemukan pertama kali oleh agensi model di sebuah taman di London, Inggris. Sejak itu, Finn memulai kariernya sebagai model dengan debut tampil di editorial W Magazine. Nggak lama, lebih tepatnya 12 bulan semenjak ia ditemukan, model asal London Utara ini dapat kesempatan membuka show Margiela dan bahkan dua kali berjalan buat Miu Miu. Menurutnya, jadi bagian dari fashion week adalah sebuah pencapaian besar. So true, Finn!

Apakah sukses berjalan di show besar bikin Finn lepas dari komentar negatif? Justru komentar buruk terus menyerang. Model yang suka minum kopi ini sering disebut sebagai genderfluid, genderless, agender, dan sebutan-sebutan lainnya yang mengarah pada gendernya. FYI, Finn adalah cewek yang mutusin ngubah gendernya jadi cowok, dan nama Finn diambil dari nama teman SD-nya yang meninggal karena leukemia. Meski lebih suka disebut sebagai cowok, Finn bisa pakai baju cowok maupun cewek.


Nggak terganggu sama omongan orang yang masih mempertanyakan gendernya, Finn malah makin terpacu dan bersemangat bikin kegiatan amal dan mengumpulkan dana buat mengedukasi anak-anak soal pelecehan yang mereka alami -- seperti yang Finn rasakan sebagai seorang transgender. Cita-citanya adalah menciptakan tempat yang aman dan masa depan yang lebih baik buat generasi muda. Aww, so thoughtful!

Di era modern, meski hampir semua hal terasa begitu sangat mungkin dan terbuka, nggak dipungkiri issue transgender masih tabu bagi sebagian besar orang. Tapi Finn berani mendobrak tabu itu dengan tampil sebagai model yang melenggang penuh percaya diri di runway fashion week. Boleh dibilang,  Finn adalah salah satu remaja yang berani mengekspresikan kebebasan "jaman now". Nggak heran kalau John Galliano jadiin Finn sebagai ideal posterboy yang mempresentasikan Generasi Z, dimana "there are no rule - you write the book" di show-nya.

Finn Buchanan opened Maison Margiela SS19
Dan terbukti, prestasi nggak terbatas dari gender. Mau cewek, cowok, atau in between, semua berhak melakukan apa yang ia suka dan meraih apa yang ia cita-citakan. Kalau kamu ketemu sama teman transgender, jangan dijauhi ya, Gals. Bertemanlah dengan siapa aja, dan bakal lebih baik kalau kamu bisa dukung keputusan dia. Berprestasi dan berteman bukankah sebaiknya nggak melihat dari gendernya? Let's be sincere and support each other! ;)



- Written by Dwinada Gitaswara




No comments :

Post a Comment

Instagram