SOCIAL MEDIA

Berminyak, Kering, atau Normal? Ini Cara Nentuin Jenis Kulit Kamu

Thursday, January 17, 2019


“Aduh, sebenernya jenis kulit aku apa sih? Kok bagian hidung berminyak, tapi bagian dagu kering banget?” Kamu pasti sempat bingung nentuin jenis kulit kamu. Apalagi kondisi kulit sering banget berubah. Padahal berminyak, tapi tiba-tiba jadi kering dan retak. Bikin makin bingung deh! Makanya, penting banget buat cari tahu jenis kulit kamu yang sebenarnya. Simak baik-baik yuk panduan super gampang buat nentuin jenis kulit biar kamu tahu jenis perawatan dan skincare apa yang tepat buat kamu.


Kulit Berminyak

Tanda kalau jenis kulit kamu berminyak adalah pori-pori besar, produksi minyak yang berlebih, dan wajah mengkilap. Bisa dites kok. Coba deh biarin wajah kamu “naked” 15 menit setelah cuci muka. Kalau ternyata kulit kamu langsung terlihat mengkilap, kamu positif punya kulit berminyak.

“Pori-poriku kecil, tapi kok mukaku cenderung berminyak?” Bisa aja kamu salah pakai produk skincare, Gals. Mungkin produk yang kamu pakai itu rich, kental, dan berat, yang bikin muka kamu jadi gampang berminyak. Buat kulit berminyak sebaiknya pakai produk skincare dengan tekstur dan formula yang ringan supaya mudah diserap kulit.




Kulit Normal

Bless you! Kulit normal biasanya nggak mengalami masalah serius. Produksi minyak di T-zone (dahi, hidung, dagu) normal, tapi juga nggak kering. Pokoknya pas. Walau begitu, kamu harus tetap kritis saat pilih produk skincare dan jangan lakuin kesalahan saat merawat wajah kalau kamu nggak mau jerawatan dan kulit jadi rusak.




Kulit Kombinasi

Sesuai namanya, jenis kulit ini merupakan kombinasi dari kulit berminyak dan kering. Pori-pori lebih besar di T-zone, dimana produski sebum lebih banyak terlihat di sana. Sementara di bagian wajah lainnya cenderung kering atau normal. Pakailah produk skincare dengan tekstur ringan yang melembapkan buat merawat jenis kulit yang punya dua "personality" ini.




Kulit Kering

Jenis kulit ini punya pori-pori kecil, kulit kasar, dan pecah-pecah. Bisa dilihat juga setelah 15 menit cuci muka, kalau kulit terasa kencang, itu artinya kulit kamu butuh banyak kelembapan. So, pakailah produk dengan formula melembapkan khusus buat kulit kering. Biasanya sih skincare buat kulit kering punya tekstur yang kental dan rich.



Kulit Berjerawat

Mati satu tumbuh seribu. Kalau jerawat kayak gini yang kamu alami, udah bisa dipastiin kulit kamu berjenis acne-prone skin alias berjerawat. Tapi sebaiknya jangan lihat dari kondisi luar aja. Jerawat juga bisa muncul karena faktor hormonal. Kalau lagi jerawatan, kita nggak bisa langsung nyimpulin jenis kulit kita berjerawat. Lebih baik pakai spot treatment di bagian yang berjerawat aja dan pakailah produk yang fokus ke satu jenis kulit.





Kulit Dehidrasi

Jenis kulit dehidrasi beda sama kulit kering ya, Gals. Kulit dehidrasi bisa dialami sama semua jenis kulit, terutama kulit berminyak dan berjerawat. Penyebab dehidrasi biasanya karena over-cleansing (cuci muka berlebihan) dan pemakaian produk berformula keras yang mengikis kelembapan kulit. Saat kulit dehidrasi, kulit bakal dipacu buat memproduksi lebih banyak minyak buat menjaga kelembapan kulit. Itu alasan kenapa kulit dehidrasi bikin kulit kita semakin berminyak. Makanya penting banget buat pakai pelembap, pagi dan malam.





Kulit Sensitif

Sekarang banyak banget orang yang bilang kulitnya sensitif. Tapi sebenarnya maksud sensitif di sini apa sih? Well, kalau kulit kamu jadi perih dan panas saat pakai sebuah produk, nggak berarti kulit kamu sensitif. Bisa aja kulit kamu yang nggak cocok sama produk itu.

Kulit sensitif yang sebenarnya adalah ketika kulit kita jadi kemerahan saat disentuh, mandi air hangat, minum alkohol, makan makanan pedas, dan udah pasti saat pakai produk yang salah. Khusus buat kulit sensitif, mending hindari deh produk yang mengandung pewangi buatan karena bisa bikin kulit iritasi. Sebaliknya, pilih produk dengan kandungan anti-inflamasi yang benar-benar mild.



Kulit Under-Circulation

Jenis kulit ini bermasalah sama sirkulasi darah, yang bikin kulit gampang berubah jadi kemerahan saat mandi air hangat, facial, atau pakai scrub. Biar sirkulasi darah kamu lancar, coba deh cari produk yang mengandung peppermint, ekstrak ginseng, dan rosemary. Aplikasiin produknya sambil dipijat ya biar sirkulasi darah semakin lancar dan bikin kulit kamu makin glowing.




Dari penjelasan di atas, kamu udah tahu jenis kulit kami kategori yang mana?

No comments :

Post a Comment

Instagram