SOCIAL MEDIA

Yuk, Hindari 3 Kebiasaan Buruk Ini Kalau Mau Gigi Putih dan Bersih!

Thursday, December 20, 2018


Hayo, siapa di antara kamu yang masih males gosok gigi sebelum tidur? Di usia remaja kayak kita, mungkin kita masih belum terlalu memperhatikan kesehatan gigi dan mulut karena merasa gigi kita baik-baik aja. Terbukti dari Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2018, proporsi masalah gigi dan mulut di Indonesia masih tergolong besar. Remaja SMP disebut sebagai usia yang masih mengabaikan kesehatan gigi dan mulutnya (semoga kamu nggak termasuk ya, hehehe).

Kalau kita sedari dini nggak merawat gigi dan mulut, bisa-bisa nanti saat dewasa gigi kita jadi mudah berlubang dan muncul banyak kerak. Padahal, gigi itu salah satu aset penting buat menunjang penampilan dan rasa percaya diri lho, Gals. Nah, supaya para remaja paham gimana cara terbaik menjaga kesehatan gigi, beberapa waktu lalu Young Living (merk yang terkenal dengan produk essential oil) mengadakan edukasi kesehatan mulut dan pemeriksaan gigi di SMPN 73 Tebet, Jakarta.

Edukasi ini dihadiri oleh drg. Fanny Anduari sebagai pembicara. Dokter menjelaskan tiga kesalahan yang dilakukan remaja saat merawat mulut dan giginya. Apa aja? Yuk, simak!


Nggak Sikat Gigi Secara Teratur

Kebiasaan nggak sikat gigi secara teratur sejak kecil bisa terbawa sampai kita dewasa, lho. Jika kebiasaan ini nggak diubah, nanti berdampak pada kesehatan gigi tetap kita. Dokter Fanny njelasin, saat gigi susu berlubang, masih ada kesempatan digantikan gigi tetap. Ketika udah remaja, hampir semua gigi udah ganti jadi gigi tetap, nah kalau berlubang nggak akan bisa diganti sama gigi alami. Nah lho!?  Daripada gigi jadi berlubang, lebih baik rajin-rajin sikat gigi, kan?


Nggak Tahu Cara Sikat Gigi yang Benar

Yang harus kita tahu, sikat gigi sebaiknya dilakukan dua kali sehari, yakni pagi dan malam sebelum tidur. Cara sikat gigi yang benar seperti ini ya, Gals:

1. Sikat gigi searah dari arah gusi ke mahkota gigi hingga seluruh permukaan gigi tersikat.
2. Sikat permukaan kunyah gigi dengan gerakan maju mundur.
3. Sikat permukaan dalam gigi dengan gerakan mencungkil.

Basically, it's super easy, right? Harusnya nggak ada kata malas lagi buat sikat gigi.


Makanan yang Mempengaruhi Gigi

Biar gigi nggak mudah berlubang, sebaiknya hindari makanan manis dan lengket, kurangi cemilan di antara waktu makan, kumur air putih setelah makan, dan minum 8 gelas air putih setiap hari. Nggak sulit, kok.


Kalau gigi kita sehat, bersih, dan putih, senyum kita bakal jadi lebih cantik dan bersinar, lho. Kita pun jadi merasa lebih pede. Yuk, sikat gigi! :D



No comments :

Post a Comment

Instagram