SOCIAL MEDIA

Perjalanan Jeon Soyeon dari Produce 101 S1 Sampai Sukses Jadi Leader (G)I-DLE

Friday, December 28, 2018


Buat jadi K-Pop idol emang nggak mudah. Sebelum debut, para trainee harus latihan bertahun-tahun dulu. Udah debut pun belum tentu bisa langsung sukses. Apalagi persaingan di dunia hiburan Korea ketat banget. Butuh talenta, pesona, dan kerja keras yang nggak main-main buat berdiri di posisi atas.

Jeon Soyeon yang sekarang jadi member dan leader girl group (G)I-DLE adalah salah satu contoh idol yang ngerasain perjuangan ini. Merupakan trainee dari Cube Entertainment, Soyeon mulai dikenal publik saat jadi kontestan Produce 101 Season 1. Di survival show itu, cewek yang jago nge-rap ini terbilang populer, lho. Sayangnya, langkah Soyeon harus berhenti di ranking #20 di malam final dan nggak bisa debut sama I.O.I.


Nggak berhenti di situ aja. Cewek kelahiran 26 Agustus 1998 ini ngelanjutin lagi perjuangannya di Unpretty Rapstar 3. Ia berhasil masuk semifinal dan jadi juara kedua. Dari situ, Soyeon nyanyi tiga lagu di album kompilasi kompetisi rap tersebut. Habis itu baru deh Soyeon secara resmi debut sebagai penyanyi solo dengan dua lagu yang ia ciptain sendiri berjudul Jelly dan Idle Song.




Beberapa bulan setelah menjalani aktivitasnya sebagai solois, akhirnya diumumin kalau Soyeon gabung sama girl group Cube Entertainment, (G)I-DLE. Mereka debut dengan lagu berjudul Latata dan comeback dengan digital single berjudul Hann yang bikin mereka jadi girl group paling banyak disebut di tahun 2018 karena lagu-lagunya selalu ada puncak chart. Bahkan (G)I-DLE disebut sebagai rookie girl group kedua yang paling cepat dapat trophy kemenangan di acara musik setelah BLACKPINK, lho.


Kesuksesan (G)I-DLE juga bisa dilihat dari penghargaan yang mereka bawa pulang. Mereka dapat award "Best of Next" di MAMA 2018, "Rookie of the Year" di Asia Artist Awards 2018, "Best New Artist" di Korea Popular Music Awards, dan best new female artist di acara penghargaan lainnya. Ini artinya, (G)I-DLE udah punya jalan buat jadi girl group teratas Korea. Soyeon debut dengan grup yang tepat, setuju? Kalau misal ia masih jadi solois, belum tentu ia bisa sesukses sekarang.



Di samping itu, Soyeon dan member (G)I-DLE lainnya, Miyeon, juga tampil di League of Legend World Final 2018, kejuaraan buat video game League of Legend. Mereka bawain lagu POP/STAR bareng Madison Beer dan Jaira Burns. Video musik lagu ini di YouTube udah dilihat sampai lebih dari 100 juta kali, lho!

Wah, perjalanan Soyeon panjang juga, ya. Walau nggak masuk 11 besar di Produce 101 Season 1, ia justru makin bersinar. Mungkin agak melelahkan melihat Soyeon bolak-balik ikutan kompetisi, tapi dari situ talentanya semakin terasah dan namanya jadi semakin diingat publik. Terbukti, setelah debut bareng (G)I-DLE pesonanya semakin terpancar dan potensinya semakin besar buat jadi idol yang paling bersinar. Go Soyeon, go!

No comments :

Post a Comment

Instagram