SOCIAL MEDIA

Orbiting, Istilah Buat Mantan Pacar yang Ternyata Lebih Serem dari Hantu

Saturday, December 22, 2018


Putus emang nggak enak, apalagi buat yang ngerasa ditinggalin. Karena belum rela putus, ujung-ujungnya jadi suka "menghantui" mantan. Dengan kata lain, kehadirannya secara fisik selalu ada di sekeliling mantan. Tapi kamu tahu nggak, ternyata ada yang lebih serem ketimbang "dihantuin" mantan, lho. Hiii... apa tuh?

Di jaman media sosial, rasanya nggak perlu capek-capek nyamperin mantan buat lihat wajahnya. Tinggal buka aja akun Instagram dan media sosial lainnya buat ngecek apa yang lagi dia lakuin. Emang udah unfollow sih, tapi dia kelihatan masih suka kepoin Instagram Story kita. Bahkan dia juga nggak segan buat nge-like postingan kita, baik itu di Instagram, Twitter, atau Facebook. Pokoknya, dia selalu ada di semua media sosial, padahal udah nggak saling follow.

Nah, perilaku kepo di media sosial ini yang disebut "orbiting". Just like planet orbiting the sun, dia selalu mengitari kita dengan keberadaan visualnya di media sosial alias masih suka stalking. Orbiting sendiri istilah yang pertama kali dipakai sama Editor Man Repeller, Anna Iovine, buat njelasin perilaku di dunia dating. Anyway, kamu kategori mantan yang "mengorbit" atau "diorbit" nih?


Mengorbit atau diorbit, keduanya sama-sama nggak enak dan kasih pengaruh yang nggak baik. Wajar kok kalau kamu termasuk tipe yang masih suka stalking mantan. Mungkin kamu belum siap putus, sehingga lihat dia di sosmed udah cukup mengobati kangen kamu sama dia. Tapi kalau kebiasaan ini dibiarin terus-terusan, ini justru bikin kamu memelihara rasa sakit dan sedih akan fakta kamu nggak bisa sama dia lagi. Dan bukankah lebih nyakitin kalau lihat mantan ternyata udah punya pacar baru? It's not good, Gals. Selain bikin hati perih, juga bakal bikin kita susah move on.

Jadi orang yang diorbitin pun nggak enak. Pas lagi berusaha ngelupain mantan dan pengen move on, eh tahunya mantan "absen" mulu di sosmed. Rasa sakit bisa aja muncul lagi, atau mungkin malah jadi kangen dan pengen balikan, padahal udah siap buat memulai chapter yang baru sama orang lain. Kalau kita udah nggak pengen berhubungan sama mantan lagi, cara dia "mengorbit" juga bisa bikin kita merasa risih karena kehidupan kita diamati terus.


Solusinya gimana? Menurut SheBlinks, cara terbaik buat ngatasin kebiasaan stalking adalah nerima kenyataan bahwa kalian udah putus. Berpisah artinya menyudahi hubungan kalian alias "tutup buku". Biar nggak ada sikap orbiting, sebaiknya putuslah dengan baik-baik dan menjaga komunikasi sebagai seorang teman. Seenggaknya cara ini bisa meminimalisir rasa sakit pas putus. 

Tapi kalau perpisahan kalian bener-bener nyakitin, baik itu di salah satu atau kedua pihak, well, nggak ada salahnya kok kalau kalian saling unfollow, unfriend, atau bahkan block. Both stalking and being stalked is harmful and painful, jadi lebih baik dihindari aja. Tutup pintu yang lama, buka pintu yang baru. Ingat, dunia nggak runtuh kok kalau kita putus. Justru mungkin ini cara Tuhan buat pertemukan kita sama orang yang jauh lebih baik. Semangat ya, Gals! :)




No comments :

Post a Comment

Instagram