SOCIAL MEDIA

Fakta dan Mitos Soal Ketombe yang Cewek-cewek Remaja Perlu Tahu

Thursday, December 27, 2018


Padahal udah rajin keramas, tapi kok masih ketombean? Yang bikin malu, ketombe kelihatan banget kalau kita lagi pakai gaya rambut tertentu, seperti kepang, pigtail, dan boxy braid. Belum lagi pas menyisir rambut, ketombe berjatuhan kayak salju. Ew!

Buat mengatasi ketombe, sebaiknya kamu perlu tahu dulu asal muasal si putih-putih kecil ini. Banyak mitos yang bertebaran soal ketombe yang sayangnya malah bikin kita salah merawat rambut. Buat ngelurusin mitos yang ternyata keliru itu, yuk simak fakta-fakta di baliknya.

#Mitos 1: Ketombe disebabkan kulit kepala kering
#Fakta: Pada dasarnya, ketombe adalah pengelupasan sel kulit mati berlebih yang disebabkan jamur malassezia. Jamur inilah yang merusak kondisi kesehatan kulit kepala. Sebenarnya, sebagian besar orang yang berketombe cenderung punya jenis kulit berminyak. Karena kulit kepala terlalu berminyak, jamur-jamur jadi mudah tumbuh. So, kalau kamu ngerasa kulit kepala udah sangat berminyak, sebaiknya segera keramas ya, Gals.

#Mitos 2: Serpihan putih dan kulit kelapa gatal adalah pertanda rambut berketombe
#Fakta: Tanda-tanda ini nggak berarti kamu berketombe. Bisa aja serpihan putih dan rasa gatal itu berkaitan sama kulit kepala yang kering. Kalau kulit kering, bisa saja kulit mengelupas. Nah, kelupasan kulit inilah yang kamu lihat sebagai serpihan putih mirip ketombe. Kalau kamu punya tipe kulit kepala kering, rutinlah pakai masker rambut yang super melembapkan.

#Mitos 3: Rambut berketombe nggak boleh terlalu sering keramas
#Fakta: Sebenarnya ketombe disebabkan juga sama faktor luar, seperti kotoran, diet, dan cuaca ekstrem. Itulah kenapa wajib hukumnya buat rajin keramas. Kalau kondisi rambut dan kulit kepala tetap bersih, maka kulit kepala terjaga kesehatannya dan terhindari dari jamur malasseia penyebab ketombe. Saat pilih shampoo, pilih formula anti-dandruff ya Gals, supaya ketombe nggak datang lagi.

#Mitos 4: Rajin keramas bikin ketombe jadi makin banyak
#Fakta: It's not true. Justru kalau kamu rajin keramas pakai shampoo anti-dandruff, masalah ketombe bisa terselesaikan. Perhatikan juga saat keramas, pastiin kamu membilas busa shampoo sampai bersih.

Udah siap say goodbye sama ketombe? :D

No comments :

Post a Comment

Instagram