SOCIAL MEDIA

9 Kesalahan Merawat Wajah yang Bikin Kulit Berminyak Makin Berminyak

Tuesday, December 25, 2018


Semua yang berlebihan emang nggak baik, termasuk kulit yang berminyak. Setuju? Kamu punya jenis kulit berminyak? It's okay. Tapi yang bikin sebel adalah kadar minyaknya yang super duper banyak dan bikin muka kelihatan habis digoreng. Udah berminyak, kusam pula! Arrgghh!

Buat mengatasinya, kamu bisa lakuin perawatan wajah dan pakai produk skincare khusus kulit berminyak. Selain itu, kamu juga perlu perhatiin kebiasaan saat merawat wajah. Karena ternyata ada kebiasaan yang justru keliru dan bikin muka kita makin berminyak, lho. Apa aja?


Terlalu Sering Cuci Muka


"Kulitku berminyak banget tiap beberapa jam. Karena risih dan kelihatan kotor, jadinya aku cuci muka tiap kali muka udah mulai berminyak." Hayo, siapa yang suka kayak gini? Kebiasaan ini salah besar ya, Gals. Keseringan cuci muka justru bikin kulit jadi kering dan merangsang produksi sebum makin banyak. Cuci muka seperlunya aja, pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, pilih pembersih wajah yang nggak mengandung alkohol karena alkohol bikin kulit kering. Sebaliknya, pilih pembersih berjenis gel atau foam yang mild dan melembapkan.



Eksfoliasi Berlebihan


Idealnya, kulit berminyak perlu eksfoliasi 2-3 kali seminggu. Jangan lebih dari itu ya! Saat eksfoliasi, misal dengan scrub atau cleansing brush, lakukan secara lembut dan ringan. Jangan keras-keras karena bisa merangsang wajah kamu buat produksi lebih banyak minyak.



Pakai Toner yang Bikin Kulit Kering


Toner emang superhero banget, bisa bikin wajah segar, ngangkat sel kulit mati, dan bersihin pori-pori. Tapi kebanyakan kita yang punya kulit berminyak sering salah pilih toner. Biasanya kita cari toner berjenis astringent atau mengandung alkohol. Padahal, toner kayak gini bikin kulit kering, yang akhirnya merangsang kelenjar minyak buat memproduksi lebih banyak minyak buat menjaga kelembapan kulit. Sebaiknya pilih toner yang menghidrasi sekaligus punya kandungan yang mengontrol minyak, ya!



Nggak Pakai Pelembap


"Kulit berminyak pakai pelembap bukannya jadi makin berminyak?" Anggapan ini salah dan nggak pakai pelembap malah bikin kulit makin berminyak, lho. Fungsi pelembap adalah bantu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit nggak perlu memproduksi lebih banyak minyak. Nah, sebaiknya pilih pelembap khusus kulit berminyak dan punya tekstur ringan dan mudah diserap kulit.



Bersihin Makeup Pakai Minyak Kelapa Tapi Nggak Dibilas Bersih


SheBlinks tahu banget nih, kamu pasti sering keracunan tips dari media sosial kan? Salah satunya minyak kelapa yang bisa jadi makeup remover. Emang betul, Gals. Minyak kelapa bagus buat ngangkat makeup. Tapi hati-hati buat kulit berminyak soalnya minyak kelapa bisa nyumbat pori-pori. Sehabis pakai minyak kelapa, kamu harus benar-benar bersihin sisa minyaknya ya.



Menghindari Minyak


Banyak dari kita nganggep, minyak ketemu minyak bakal makin jadi minyak. Hahaha. Padahal banyak jenis minyak yang bisa ngatasin kulit berminyak dan jerawat, lho. Facial oil punya manfaat anti-bakteri dan anti-inflamasi sehingga bantu kulit mengurangi pembentukan minyak. Coba deh minyak-minyak ringan yang bersifat dry dan mudah diserap kulit kayak jojoba oil, rosehip oil, dan grape seed oil. Juga jangan takut bersihin muka pakai cleansing oil, ya.



Pakai Produk yang Menyumbat Pori-pori


Kalau kulit kamu menghasilkan minyak yang super banyak, sebaiknya hindari produk makeup dan skincare dengan kandungan yang menyumbat pori-pori. Kalau kamu terlalu pusing mikirin kandungan bahan, lihat aja di kemasannya. Kalau ada tulisan non-comedogenic, artinya produk itu berisiko sedikit atau nggak sama sekali bikin pori tersumbat, which is safe.



Terlalu Banyak Salicylic Acid


Kandungan salicylic acid atau BHA emang dikenal sebagai pembersih pori-pori yang efektif. Tapi jangan terlalu banyak pakai ya. Pilih satu produk aja yang mengandung salicylic acid, misal toner. Jangan dikombinasiin sama produk lain dengan kandungan yang sama, nanti kulit kamu jadi kering. Selain itu, pilih produk dengan kadar salicylic acid yang ringan, sehingga aman dipakai di kulit remaja kayak kita.



Pakai Kertas Minyak Wajah


Cukup bikin kaget, ternyata sahabat kita satu ini nggak baik buat kulit berminyak. Kertas minyak wajah emang jadi penyelamat saat wajah lagi berminyak parah. Tapi fungsi menyerap minyaknya cuma sementara. Udah gitu, saat pakai kertas minyak, tangan kita nggak higienis yang bikin kotoran malah menempel di wajah. Tahu nggak, ternyata kebanyakan blotting paper mengandung mineral oil yang dapat menyumbat pori, lho. Daripada pakai kertas minyak, lebih baik semprotin face mist ke wajah, tepuk-tepuk ringan pakai tissue, lalu bedakan, deh. Segar lagi!


Jangan lakukan kebiasaan-kebiasaan ini lagi ya, Gals. Dengan begitu, kulit kamu nggak bakal semakin berminyak. Dan jangan mikir minyak adalah musuh karena sebenarnya minyak bikin kulit kita tetap lembap dan elastis. Yang terpenting, jangan sampai terlalu berminyak. Hihihi.



No comments :

Post a Comment

Instagram