SOCIAL MEDIA

7 Cara Paling Realistis Ngatasin Kulit Berminyak

Tuesday, December 25, 2018


"Baru beberapa jam, tapi muka udah mengkilap kayak baru diguyur minyak. Sebel banget, deh!" Permasalahan ini pasti udah akrab banget menghampiri kamu yang punya kulit berminyak. Tapi tahu nggak? Sebenarnya kulit berminyak disebabkan oleh sejumlah faktor, seperti perubahan hormon, kondisi kulit (dehidrasi atau berjerawat), cuaca panas dan lembap, juga pemakaian kandungan tertentu. Nggak heran kenapa kita sangat bermasalah sama kulit berminyak di usia remaja. 

Yang perlu dipahami, kulit berminyak bukan sebuah kekurangan ya, Gals. Kita nggak bisa ngobatin kulit berminyak. Tapi dengan perawatan, pemakaian produk skincare yang tepat, dan pola hidup yang baik, kita bisa mengontrol produksi minyak berlebih di wajah. Nah, untuk itulah ini 7 cara yang bisa kamu lakuin for shine-free face.


Pakai Masker Wajah Khusus Kulit Berminyak

Pertanda kamu punya jenis kulit berminyak adalah pori-pori wajah besar, yang berisiko tersumbat akibat minyak berlebih dan sisa kotoran yang masih menempel di wajah. Buat ngatasin hal ini, kamu bisa pakai masker wajah berjenis clay atau tanah liat. Clay mask bekerja efektif banget buat membersihkan pori-pori, menyerap kelebihan minyak wajah, dan mengecilkan pori-pori. Coba deh pilih clay mask yang punya manfaat ganda buat melembapkan, mencerahkan, atau menenangkan, seperti rangkaian Innisfree Jeju Volcanic Color Clay Mask.




Bersihkan Wajah Pakai Cleansing Oil

Seperti yang udah dibahas sebelumnya, kulit dehidrasi jadi salah satu penyebab kulit berminyak. Ketika permukaan kulit kekurangan kelembapannya, minyak diproduksi secara lebih buat menjaga kelembapan kulit. Cleansing oil bisa mengangkat kelebihan minyak tanpa bikin wajah kering. Tapi harus diingat, pilih cleansing oil yang ringan dan sesuai jenis kulit berminyak, seperti kandungan Jojoba Oil di Hadalabo Gokujun Cleansing Oil. Dan jangan coba-coba bersihin muka pakai minyak kelapa ya! Nanti malah breakout karena minyak kelapa bisa nyumbat pori-pori.





Jangan Cuci Muka Berlebihan

"Kulitku berminyak banget tiap beberapa jam. Karena risih dan kelihatan kotor, jadinya aku cuci muka tiap kali muka udah mulai berminyak." Hayo, siapa yang suka kayak gini? Kebiasaan ini salah besar ya, Gals. Keseringan cuci muka justru bikin kulit jadi kering dan merangsang produksi sebum makin banyak. Cuci muka seperlunya aja, pagi dan malam sebelum tidur. Selain itu, pilih pembersih wajah yang nggak mengandung alkohol karena alkohol bikin kulit kering. Sebaliknya, pilih pembersih berjenis gel atau foam yang mild dan melembapkan. SheBlinks rekomendasiin Senka Perfect Whip.



Pakai Produk Skincare yang Tepat

Merawat wajah itu harus! Sebaiknya jangan skip pemakaian toner, serum, dan pelembap ya, Gals. Pilih produk dengan formula yang melembapkan supaya kulit nggak dehidrasi dan produksi minyak wajah kamu tetap terkontrol. Kamu bisa pilih toner dengan kandungan salicylic acid buat bersihin pori-pori, serum dengan kandungan Centella Asiatica yang menenangkan, dan pelembap dengan kandungan air laut dalam yang super menghidrasi. SheBlinks udah pilihin produk-produknya, baca di sini ya!



Back to Natural Remedy

Kalau kamu lagi punya waktu luang, coba deh bikin masker wajah dari bahan-bahan yang ada di dapur. Kamu bisa campurin putih telur dan yogurt buat ngecilin dan bersihin pori-pori wajah. Pilihan lain, campur air lemon dan yogurt buat ngurangin produksi sebum dan mengangkat kulit mati. Olesin masker ke wajah, biarin selama 10-15 menit, lalu bilas pakai air hangat. Fresh!


Bedak Anti-Sebum si Penyelamat

Kalau udah pakai skincare (toner dan pelembap) dan sunscreen, kamu bisa pakai bedak anti-sebum buat bantu tampilan wajah matte yang lebih tahan lama. Innisfree No Sebum Mineral Powder adalah bedak penyerap minyak yang populer banget, kamu bisa coba. Sedikit tips nih dari makeup artist kalau kamu pengen pakai bedak di tengah hari pas wajah udah berminyak: semprotin face mist ke wajah, lalu tepuk-tepuk wajah pakai tissue, baru deh pakai bedaknya. Cara kayak gini bisa ngangkat kelebihan minyak tanpa bikin kulit kering.



Hindari Makanan Penyebab Kulit Berminyak

Maksimalin perawatan wajah kamu dengan pilihan makanan sehat yang tentunya nggak bikin wajah kamu makin berminyak. Coba deh kurangin makan cake, donat, dan makanan manis lainnya. Kurangin juga makanan pedas dan goreng-gorengan. Soalnya makanan yang terlalu manis dan pedas, juga mengandung lemak bisa memicu kulit semakin berminyak. Lebih baik perbanyak sayuran seperti wortel dan bayam yang kaya vitamin A dan mampu memperlambat produksi minyak. Eat healthy, happy skin!


Meski kulit berminyak itu menyebalkan, yuk disyukuri! Dengan cara di atas, seenggaknya produksi minyak jadi ada di bawah kontrol kita. Lagipula, sedikit minyak di wajah bikin efek glass skin yang effortless, lho. Jadi nggak perlu highlighter lagi. Hehehe. Semoga info dari SheBlinks membantu, ya! :)




No comments :

Post a Comment

Instagram