SOCIAL MEDIA

Wajib Simak, 5 Tips Skincare Remaja untuk Kulit Sehat Bebas Jerawat

Sunday, October 21, 2018


Yang namanya cewek pasti pengen selalu menjaga kecantikan kulitnya. Nah, buat remaja kayak kita yang kulitnya masih muda dan kenyal, perawatan wajah sebenarnya bisa dilakukan sederhana aja, Gals. Seperti kata beauty YouTuber sekaligus founder brand skincare Krave Beauty, Liah Yoo, remaja kayak kita nggak perlu ngikutin rutinitas skincare cewek berusia 20-30 tahun karena kondisi kulit seusia kita dengan mereka sangatlah berbeda. Supaya rutinitas skincare kita memberi hasil optimal dan nggak bikin jerawatan, sebaiknya kamu pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Ketahui Jenis Kulit


Mungkin masih banyak di antara kita yang salah menentukan jenis kulit. Buat yang masih bingung, "Tipe kulit aku apa sih?", coba rasakan kulit wajah kamu 15 menit setelah cuci muka.

Kalau kamu merasan kulit jadi kencang dan gatal, juga kelihatan ada kulit yang retak, artinya kamu punya kulit kering.

Kalau kulit perlahan berminyak dan nggak merasa kulit jadi super kencang, artinya kulit kamu adalah tipe berminyak.

Kulit berminyak, tapi kok berasa kencang, artinya jenis kulit kamu adalah berminyak tapi dehidrasi.

Kulit berminyak di area T tapi kering atau normal di area wajah lainnya, you guess it right, it's combination skin.

Kalau nggak ada sesuatu yang nggak nyaman, beruntunglah kulitmu normal.

Nah, kulit kamu kategori yang mana, Gals?

Mulai dengan Perawatan Sederhana


10 steps Korean skincare is too much overwhelming for us. Jadi apapun informasi yang kamu dapat di media sosial jangan ditelan mentah-mentah ya, Gals. Yang utama dalam perawatan wajah adalah mendengarkan kondisi dan kebutuhan kulit. Buat remaja seusia kita, yang terpenting adalah perawatan inti yang emang bener-bener kita butuhkan. Dan tentunya, yang sesuai dengan jenis kulit, ya.

Pertama, membersihkan wajah. Nggak kayak orang dewasa, kita pasti pakai minim makeup. It's okay to double cleanse. Tapi kalau sekiranya makeup nggak tebal atau bahkan nggak pakai makeup, cuci muka pakai facial foam juga udah cukup kok. SheBlinks saranin facial foam aja, karena gampang dibilas air dan lebih cepat dibanding cleansing oil.

Kedua, pakai moisturizer. Setelah cuci muka, kulit jadi sedikit kering. Makanya, moisturizer nggak boleh di-skip ya, Gals. Ini supaya kulit tetap lembap dan kenyal. Kalau kamu punya toner favorit, boleh juga dipakai sebelum moisturizer buat menyegarkan dan mengembalikan pH kulit setelah cuci muka.

Ketiga, wajib pakai sunscreen. Di pagi hari, sebelum pergi beraktivitas, pastiin kamu udah pakai sunscreen buat melindungi kulit dari efek buruk sinar UV. Harus dijadiin kebiasaan karena ini bakal jadi investasi jangka panjang buat keremajaan kulitmu.

Pilih Produk Skincare yang Melembapkan


Dari sekian banyak produk, berikut dengan formulanya yang beragam kayak mencerahkan, menghilangkan noda bekas jerawat, dan menghaluskan, mungkin kita bingung mau pilih yang mana. Buat remaja kayak kita, Liah nyaranin pakai produk skincare dengan manfaat utama melembapkan. Kenapa? Saat kulit lembap, semua masalah kulit pasti akan teratasi, karena kelembapan kulit adalah hal yang paling fundamental.

Saat pilih moisturizer, juga sebaiknya yang punya tekstur ringan. Remaja kayak kita yang hormonnya mudah bergejolak (rentan berjerawat!), sebaiknya pakai produk yang ringan dan mudah diserap kulit. Soalnya, kalau kamu pakai krim yang kental dan berat, nanti bisa bikin kulit semakin berminyak dan bikin pori-pori tersumbat yang akhirnya menyebabkan jerawat.

Untuk pilihan moisturizer, kamu bisa pakai yang punya kandungan air kaktus. Dan banyak lagi kandungan-kandungan lainnya dengan manfaat melembapkan, seperti green tea dan aloe vera.

Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel

Wardah Perfect Bright Moisturizer

Emina Moist In A Bottle Moisturizer

Innisfree Green Tea Seed Serum

Skin Aqua UV Moisture Gel

Laneige Water Bank Hydro Essence


Hindari Produk Skincare dengan Bahan Aktif


"Wah, produk ini lagi nge-hype banget dibicarain beauty blogger, jadi penasaran pengen coba." Kurang lebih kayak gitu yang ada di pikiran kita pas lihat produk skincare yang lagi happening. Well, nggak semua produk cocok buat kulit remaja kayak kita. Terutama produk-produk berbahan aktif kayak AHA, BHA, dan retinol. Produk tersebut sebenarnya lebih ditujukan bagi mereka yang punya mature skin. Kita belum butuh itu semua, Gals, karena regenerasi kulit kita terbilang masih cepat dibanding mereka yang udah dewasa. Buat produk skincare, please stick to moisturizing formula.

Jangan Perlakukan Jerawat Sembarangan


SheBlinks paham, jerawat itu super duper menyebalkan. Tapi nggak berarti kita bebas memencetnya. Memencet jerawat is a big NO. Selain bikin iritasi, juga bakal meninggalkan bekas. Buat jerawat yang meradang, pakailah spot treatment seperti salicylic acid atau pimple patches. Soal jerawat, rawatlah di bagian yang berjerawat aja. Jadi, jangan pakai produk berjerawat buat satu muka ya, Gals. Bisa-bisa kulit kamu jadi kering dan iritasi.

Rutinitas skincare buat remaja ternyata gampang kan, Gals? Nggak ribet dan pastinya nggak makan banyak waktu, poin plus buat yang males lama-lama pakai skincare. Hihihi. Semoga informasi ini membantu ya! ;)


No comments :

Post a Comment

Instagram